Total Tayangan Halaman

Senin, 21 Mei 2018

SEBAIKNYA KAMU TAHU, FAKTA-FAKTA MENARIK TENTANG INDONESIA

ebagai abak bangsa Indonesia seharusnya kita perlu tahu apa saja fakta-fakta, historis dan profile negeri kita sendiri. kamu yang belum mengetahui ada baiknya membaca artikel berikut:


1. Nama “Indonesia” berasal dari bahasa Latin, “Indus”, yang artinya “India”, dan dari bahasa Yunani “nesos” yang artinya “Pulau”. Indonesia pada mulanya dinamakan Kepulauan India atau (Indian Archipelago) atau Kepulauan India Timur.

2. Nama “Indonesia” diciptakan pada tahun 1850-an oleh James Logan, seorang editor Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia yang terbit di Singapura, sebagai bentuk singkat yang sama dengan istilah “Kepulauan India”
 3. Semboyan Indonesia adalah “Bhinneka Tunggal Ika” (Berbeda-beda tetapi tetap Satu)
 4. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang terdiri dari 17.508 pulau, dan masih ada 6000 pulau yang belum berpenghuni.

5. Warna bendera Indonesia menyerupai negara Polandia dan Monaco. Bahkan bendera Indonesia sama dengan bendera Monaco tetapi beda ukurannya.
6. Dengan 238 juta penduduk, Indonesia menjadi negara keempat paling padat penduduknya di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika. Pulau Jawa adalah paling padat penduduknya, dengan jumlah penduduk mencapai 140 juta jiwa.
 7. Indonesia adalah negara terbesar ke-4 di dunia.
8. Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang kedua (54.000 km) di dunia setelah Kanada.
 9. Indonesia mempunyai penduduk muda terbesar di dunia, dengan 165 juta penduduk di bawah usia 30 tahun dan hanya 8% penduduk yang berusia di atas 60 tahun.
10. Columbus yakin bahwa dia telah sampai bukan di India tetapi di kepulauan Indonesia. Pada waktu itu, Indonesia dan seluruh Asia Tenggara dikenal di Eropa dengan nama “Indies” atau Hindia, sedangkan India dikenal dengan nama “Hidnustan”.
 11. Marco Polo adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Indonesia pada tahun 1292.
 12. Indonesia adalah penguasa superpower regional Asia Tenggara sebelum dijajah Belanda. Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menguasai seluruh Asia Tenggara.
 13. Indonesia pada masa penjajahan awalnya bernama Hindia Belanda (Dutch East Indies)
 14. Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun.
 15. Pada masa penjajahan terutama penjajahan Belanda pada abad ke-17, Indonesia diperkanalkan budidaya tanaman perdagangan di Jawa, seperti tebu, karet, the dan kopi. Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 kopi Jawa terkenal di seluruh dunia. itulah mengapa nama “Jawa” (Java) disamakan dengan kopi.
 16. Pada tahun 1674, Manhattan dijual dari Belanda kepada Inggris untuk ditukar Pulau Run, yaitu pulau di Indonesia yang sekarang tidak berpenduduk.

17. Bunga Kimilsungia sebagai simbol rezim Korea Utara, adalah berasal dari Indonesia. Pada tahun 1964 saat pemimpin Kore Utara mengunjungi Indonesia, presiden Indonesia memberi hadiah jenis anggrek baru dan dinamainya dengan pemimpin Kore Utara tersebut (Kim Il Sung)
 18. Kepulauan Indonesia membentang di atas Ring of Fire Pasifik yang terletak di Pasifik Barat. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan dilaporkan terjadi setidaknya tiga kali gempa bumi ringan setiap harinya.
 19. Indonesia merupakan salah satu dari negara dengan penduduk paling pendek di dunia, yang rata-rata tingginya hanya 1,58 meter
 20. Indonesia menjadi anggota PBB pada tahun 1950 dan sebagai negara yang menandatangani berdirinya ASEAN Free Trade Agrement, kelompok Cairns, dan WTO.
 21. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia. Di samping itu Indonesia memiliki 700 bahasa lain. Bahasa Indonesia banyak menyerap bahasa asing,misalnya dari bahasa Arab, Belanda, Portugis, dan bahasa lainnya.
 22. Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pernah menyuruh arsitek Kristen untuk membangun masjid terbesar di Indonesia, yaitu Masjid Istiqlal. Di samping itu dia juga disuruh membangun katedral dan gereja sebagai simbol solidaritas dan toleransi agama.
 23. Java (Jawa) menjadi bahasa slang untuk istilah kopi (coffe), karena biji kopi tumbuh di pulau Jawa. Perkebunan kopi dan kebiasaan minum kopi diperkenalkan oleh Perusahaan Hindia Belanda pada tahun 1696.

24. Lada atau merica diperkenalkan ke Indonesia melalui pulau Sumatera dan Jawa dari India Selatan sekitar tahun 600 SM.
 25. Pada saat Perang Dunia II Jepang menjajah Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945.
 26. Menurut laporan PBB, terdapat korban 4 juta jiwa di Indonesia saat pendudukan Jepang di Indonesia selama Perang Dunia 2.
 27. Olahraga terkenal di Indonesia adalah badminton, sepakbola, bola volly, dan lain-lain.
 28. Indonesia adalah penghasil gas rumah kaca paling buruk di dunia.
 29. Indonesia adalah negara dengan tingkat penggundulan hutan tertinggi di dunia diikuti oleh Brazil.
 30. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang dilalui garis Katulistiwa persis di tengah-tengah dan membagi dua kepulauan Indonesia.

selengkapnya baca disini ya! : http://www.semestafakta.com/2018/01/11/145-fakta-menarik-tentang-indonesia.html

Tidak ada komentar: